CARA CEPAT MEMPERBAIKI DISPENSER

Selamat datang sobat pada blog sederhana ini,seperti biasa elektronik86 ingin berbagi pengalaman kepada sobat sekalian yang mungkin bisa membantu sobat dalam melakukan perbaikan atau service sebuah alat elektronik.

Kesempatan kali ini elektronik86 akan menulis sesuai dengan judul di atas yaitu memperbaiki dispenser yang pemanas airnya tidak berfungsi.
Kalau dijelaskan lagi sebuah dispenser yang ada tulisan hot jika airnya dikeluarkan hasilnya tidak hot atau tidak panas.


Sebenarnya untuk masalah dispenser yang pemanas airnya tidak berfungsi ada beberapa penyebab.Contohnya saja seperti dispenser pada gambar di atas.
Untuk melakukan perbaikannya ikuti langkah dibawah ini.

- Buka semua baut dispenser yang ada dibelakangnya.Hasilnya lihat pada gambar dibawah ini.




- Bersihkan semua debu dengan menggunakan kuas sampai terlihat bersih.

- Apabila sudah bersih cek pengkabelan dispenser mungkin ada kabel yang putus atau terbakar.

- Jika semua pengkabelan dispenser tidak ada masalah cek sensor panas dispenser.Nah biasanya sensor inilah yang mengalami kerusakan.Kalau nggak yang diatas berarti yang dibawah atau keduanya.

Untuk melakukan pengukuran rusak atau tidak rusaknya sensor tersebut kita membutuhkan sebuah alat ukur komponen yaitu multimeter .

Cara mengukurnya pasang pada x1 pada multimeter,hubungkan probe merah dan Hitam multimeter pada kedua kaki sensor.
Jika jarum bergerak ke kanan tidak penuh sensor bagus,tapi jika jarum multimeter tidak bergerak sama sekali berarti sensor rusak.




Nb.Pada dispenser yang kami perbaiki kali ini sensor diatas mengalami kerusakan sedangkan yang sensor di bawahnya bagus.
Sensor panas pada dispenser berbeda baik itu yang diatas dan yang dibawah.
Coba di perhatikan dengan teliti.Setelah kami ganti dengan sensor yang bagus dan lakukan tes air dispenser pun sudah mau panas lagi.

Banyak faktor penyebab kerusakan dispenser bisa pengkabelan,sensor yang telah rusak atau bisa saja tabung pemanas sudah berkarat dan rapuh.

Sekian dulu ya sobat tentang perbaikan dispensernya semoga kita bertemu pada perbaikan alat elektronik lainya.
Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment