TIPS UNTUK MEMPERPANJANG UMUR LAMPU EMEGENCY




Siapa yang tidak kenal dengan alat penerangan yang satu ini,fungsi dan manfaat yang diberikan sangatlah membantu pada saat lampu dari listrik PLN mati.Pada zaman dahulu masyarakat masih menggunakan yang namanya lampu semprong,lampu togok dll.

Karena harga minyak tanah lumayan mahal dan zaman pun sudah modern masyarakat kini sudah banyak beralih pada lampu emergency yang tentunya lebih hemat dan praktis.
Jika lampu PLN mati kita hanya tinggal menghidupkan lampu emergency kita dan rumah pun tetap terang.

Ada beberapa type lampu emergency ada yang menggunakan lampu neon dan yang lebih hemat lagi model terbaru menggunakan sinar dari lampu LED.

Namun rata-rata umur dari lampu emergency ini lama kelamaan daya dari lampu tersebut semakin cepat habis,biasanya bisa dua jam sekarang hanya bisa setengah jam dan lampu pun sudah mulai redup.
walaupunpun lampu emergency sudah dicharger seharian masih tetap cepat habis.Apa penyebabnya?

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada lampu emergency :

- Battery sudah bengkak atau soak
Penyebab battery soak diakibatkan oleh terlalu lamanya melakukan pengecasan,sehingga daya tampung dari bettery ibarat air melimpah sehingga battery menjadi bengkak.

- Lampu emergency tidak bisa dicas atau indikator lampu cas tidak hidup
Terkadang kerusakan seperti ini disebabkan rusaknya rangkaian pengecasan pada lampu emergency sehingga arus tidak bisa masuk.

- Lampu tampak selalu redup jika dihidupkan
Pada saat lampu emergency dihidupkan akan tetapi nyala dari lampu selalu redup itu diakibatkan oleh daya battery yang sudah tidak sanggup lagi untuk menerangkan lampu,daya battery hanya mampu mnghidupkan lampu yang hasilnya redup saja.

Nah sekarang bagaimana caranya agar lampu emergency kita itu bisa berumur panjang berikut dibawah ini.

 - Pada saat membeli baru lampu emergency kamu hidupkan lampu tersebut sampai lampunya menghasilkan cahaya yang redup.Mengapa dilakukan karena kita belum tahu seberapa lama ketahanan battery dari lampu emergency yang baru tesebut .

- Apabila batterynya sudah menghasilkan cahaya yang redup,lakukan pengecasan lebih kurang setengah hari.Dan kita ukur dari berapa lama kita mengecasnya.

- Apabila kita ingin menggunakan lampu emergency usahakan untuk selalu memastikan kalau daya dari battery lampu emergency memang betul-betul sudah siap pakai.

- Jangan pernah melakukan pengecasan terputus-putus karena dapat memperpendek umur dari battery lampu emergency kita.
Kesimpulanya jika ingin melakukan pengecasan pastikan kalau cahaya yang dihasilkan lampu emergency telah redup barulah lakukan pengecasan.

Sekian dulu tips untuk memperpanjang umur lampu emergency nya semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Terimakasih...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIPS UNTUK MEMPERPANJANG UMUR LAMPU EMEGENCY"

Post a Comment