Skip to main content

APA SAJA HAK KITA SEBAGAI PENGGUNA METERAN LISTRIK PLN

Sebelum kita mendaftarkan diri sebagai pengguna meteran baru pln pesan meteran pln online dan sebaiknya baca juga syarat dan ketentuan pemasangan meteran baru pln .

Sebagai pengguna listrik yang pemilik tunggal listrik tersebut adalah PLN kita sebagai pemakai juga memiliki hak-hak dalam penggunaannya.
Sebagai uraianya disebutkan dibawah ini :

* Kewajiban PLN

- Menyediakan APP (alat pembatas dan pengukur) setelah pelanggan memenuhi persyaratan penyambungan.

- Menyediakan tenaga listrik secara berkesinambungan sesuai dengan tingkat mutu pelayanan ( TMP ) PLN.

- Melakukan perbaikan pada sambungan tenaga listrik atau pergantian APP apabila terjadi kerusakan.

- Memberikan pelayanan dan informasi atas keluhan atau gangguan listrik prabayar.

- Memberikan pelayanan informasi atas keluhan tidak munculnya token setelah transaksi pembelian stroom isi ulang listrik prabayar.

* HAK PLN

- Melakukan pemadaman atau penghentian penyaluran tenaga listrik dalam pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan,perbaikan,pemeriksaan,perluasan atau rehabilitasi instalasi atau peralatan listrik milik pln.

- Memasuki atau melintasi tanah dan bangunan pelanggan untuk melakukan :
~ penyambungan baru atau tambah daya
~ pekerjaan pemeliharaan,perbaikan,pemeriksaan,perluasan atau rehabilitasi instalasi peralatan milik pln.
~ pemeriksaan dalam rangka penertiban tenaga listrik ( P2TL ) dan segala penyelesaianya berdasarkan undang-undang dan ketentuan P2TL yang berlaku.

HAK DAN KEWAJIBAN PELANGGAN

* Kewajiban pelanggan

- Menyetujui ketentuan penempatan APP milik PLN sedemikian rupa sehingga aman dan mudah untuk diperiksa oleh petugas PLN.

- Menjaga APP dan perlengkapan milik PLN.

- Mengizinkan PLN memasang instalasi listrik antara lain tiang listrik atau peralatan pendukung lainya dihalaman rumah atau bangunan pelanggan dan mengizinkan PLN menarik jaringan listrik dari bangunan pelanggan guna memberikan sambungan listrik kepada bangunan lainya.

- Membayar ganti rugi APP yang hilang atau rusak akibat kelalaian atau kesengajaan pelanggan sesuai ketentuan yang berlaku.

- Membayar tagihan atas pemakaian listrik secara tepat waktu.

- Membayar tagihan susulan akibat ditemukanya pelanggaran pemakaian tenaga listrik atau akibat pemakaian tenaga listrik tidak terukur secara penuh akibat peralatan pengukuran bekerja tidak normal bukan dikarenakan kesalahan pelanggan.

- Menyediakan lokasi,membayar biaya pemindahan dan ganti rugi KWH yang tidak tersalur,apabila pelanggan bermaksud untuk memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainya atas persetujuan PLN.

- Menanda tangani perjanjian jual beli tenaga listrik pada saat akan dilaksanakan penyambungan tenaga listrik digedung/ persil pelanggan.

* HAK PELANGGAN

- Mendapat sambungan tenaga listrik

- Menerima pelayanan sesuai tingkat mutu pelayanan ( TMP ) yang telah ditetapkan PLN dan mendapat konpensasi apabila PLN tidak dapat memenuhi TMP sesuai ketentuan yang berlaku.

- Mendapat pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan instalasi tenaga listrik milik PLN.

- Mendapat informasi dan penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tenaga listrik.

Itulah hak-hak dan kewajiban antara pengguna yaitu kita pemakai dan penyalur yaitu PLN .Dengan adanya tulisan ini kita bisa tahu apa saja yang menjadi hak dan kewajiban kita sebagai pengguna tenaga listrik.

Semoga bermanfaat.

Comments

  1. apalagi sekarang ini tarif listrik mulai naik, smoga kdepannya tarif listrik bisa turun

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya... Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya. Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana? Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut... Lihat gambar blender dibawah ini. Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya. Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. sa