TEORI DASAR LISTRIK


Semua orang telah mengetahui dan merasakan manfaat adanya energi listrik.Selain daripada itu bentuk energi yang paling banyak digunakan pada saat ini didunia adalah energi listrik.

Sedemikian besarnya peranan listrik terhadap kegiatan manusia modern,tetapi apakah kita tahu;
Apakah sebenarnya yang disebut listrik itu?
Darimana asalnya?
Bagaimanakah bentuknya?
Dari pertanyaan-pertanyaan ini hanya sebagian kecil dari banyak pertanyaan tentang listrik yang timbul disekitar kita.

Listrik pada dasarnya merupakan tenaga alam yang telah ada sejak diciptakan alam semesta ini.Namun sebagai suatu cabang ilmu yang dipelajari secara ilmiah baru dikenal oleh manusia.

Berdasarkan percobaan-percobaan yang dilakukan oleh para ahli,listrik berasal dari adanya gerakan elektron-elektron dalam mengelilingi inti atom.Untuk memahami lebih jauh lagi tentang elektron ini,marilah kita pelajari teori elektron sebagai dasar memahami listrik.

TAHUKAH KAMU : ASAL NAMA MAGNET

1.TEORI ELEKTRON

Pada dasarnya elektron terdapat disetiap benda,baik benda padat,cair ataupun gas.Untuk lebih jelasnya perhatikanlah kedudukan elektron dalam susunan sebuah benda yang diuraikan :

Benda-Molekul-Atom-Elektron dan inti atom

* Benda
Benda merupakan sesuatu yang dapat diraba atau dilihat dengan mata(bersifat visual).benda itu mempunyai bobot tertentu karena adanya gravitasi bumi dan mengambil ruang tertentu.berdasarkan jenisnya benda terdiri dari :
- padat misalnya kapur,besi dll
- cair misalnya air,minyak dll
- gas misalnya oxygenium,hydrogenium dll.

* Molekul
Molekul ialah bagian terkecil dari benda yang masih dapat dibagi-bagi lagi dan masih tetap mengandung unsur kimiawi dari bendanya.Dengan dikian maka molekul air masih mengandung unsur-unsur air,molekul kayu masih mengandung sifat-sifat kayu dll.

* Atom
Atom berasal dari kata atomos(yunani) yang berarti tidak dapat dibagi-bagu.Atom mula-mula oleh filsuf yunani sebagai bagian yang terkecil dari benda yang tidak dapat dibagi lagi.Namun setelah ditemukanya gejala redioktivitet,anggapan itu tidak dapat dipertahankan lagi.
Kini atom dianggap terdiri dari elektron dan inti atom.Elektron(satu atau lebih)pada atom selalu bergerak mengelilingi inti atom.pendapat ini fidadarkan pada model atom Rutherford dan bohr.Inti atom disebut Nucleus yang mempunyai muatan listrik positif dan elektron mempunyai muatan listrik negatip.


* Elektron dan Inti atom
Sebuah atom terdiri dari bagian kulit dan inti.Kulit atom diisi oleh sejumlah elektron dan yang bermuatan listrik negatip.Elektron-elektron ini bergerak mengelilingi inti atom dalam satu atau lebih lintasan yang berbentuk lingkaran.

Bila elektron memiliki tenaga listrik negatif,maka inti atom ditetapkan memiliki tenaga listrik positif,dalam suatu inti atom terdapat proton dan neutron,baik proton maupun neutron keadaanya tidak dapat berpindah-pindah dari satu atom ke atom yang lain.

Sekian dulu sedikit cerita tentang dasar listrik ini semoga dapat menambah wawasan kita bersama.
Terima kasih...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TEORI DASAR LISTRIK"

Post a Comment