PENGENALAN DAN PEMAKAIAN KOMPONEN LISTRIK

Dalam kegiatan praktek instalasi listrik seseorang tidak hanya mengenal berbagai jenis kabel dan sambungan-sambunganya saja,tetapi juga harus mengetahui berbagai macam komponen-komponen yang diperlukan.

Yang dimaksud komponen peralatan listrik ialah alat-alat yang diperlukan untuk melengkapi pemasangan instalasi listrik,dan pada umumnya terdiri dari barang-barang cetakan,seperti :

- Stop kontak
- Kontak tusuk
- Sakelar listrik
- Pitting
- Sakering
- Lampu
- dll

Kita masuk ke pembahasan pertama yaitu :

- Stop kontak


Banyak terdapat macam dan bentuk stop kontak,di dalamnya terdapat terminal untuk menempatkan kabel bertegangan.Dengan demikian stop kontak merupakan kotak tempat sumber arus listrik yang siap pakai.Komponen ini dapat dipasang dimana saja sesuai dengan kebutuhan selama tidak membahayakan orang lain.
Fungsi pemasangan stop kontak ialah untuk memudahkan pemakai listrik menghubungkan alat-alat elektris seperti : Setrika listrik ,tv ,radio dll pada jaringan listrik secara praktis dan aman.
Jangan pernah menghubungkan alat-alat elektris langsung pada kabel jaringan listrik tanpa melalui stop kontak karena resiko bahaya kejutan listrik lebih besar.

- Kontak tusuk


Alat ini merupakan pasangan dari stop kontak.Dengan menggunakan kontak tusuklah alat-alat elektris dihubungkan pada jaringan listrik melalui stop kontak.Pada umumnya kontak tusuk dibuat dengan dua cabang.cabang yang satu untuk kawat fasa sedangkan cabang yang lainya untuk kawat nol ( netral ).
Apabila dijumpai kontak tusuk yang bercabang tiga,maka cabang yang ketiganya itu merupakan cabang untuk Ground ( hubungan ke tanah ).Adapun maksud dilengkapinya hubungan tanah pada jaringan listrik untuk mengurangi bahaya kejutan listrik.



- Sakelar listrik


Peranan saklar dalam pemasangan instalasi listrik sangat penting sekali karena sakelar berfungsi untuk menghubung dan memutus arus listrik.Dengan demikian maka saklar harus ditempatkan pada tempat yang strategis dan mudah dicapai orang.Misalnya pada pintu masuk / keluar ruangan.
Cara pemasanganya sama dengan pemasangan stop kontak,perbedaanya terletak pada pengawatanya,hal ini karena fungsi dan penggunaanya berbeda.

- Lampu listrik


Lampu pijar adalah merupakan lampu yang menghasilkan cahaya dengan memanaskan serabut pijar ( filamen ) sampai suhu ( temperatur ) panas-putih serabut pijar ialah kawat logam halus yang mempunyai hambatan terhadap arus yang lewat.Didalam serabut pijar (filamen ) inilah tenaga listrik diubah menjadi panas dan cahaya.
Serabut pijar merupakan suatu logam dengan titik leleh yang sangat tinggi,oleh karena itulah maka harus dutempatkan didalam bola tertutup yang hampa udara.

Comments

Popular posts from this blog

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

CARA MUDAH BUAT LAMPU LED DISCO SEDERHANA

TULISAN PERIKSA PADA METERAN