SUDAH BENARKAH AMPERE MCB DI RUMAH KITA?

Selamat datang pada blog sederhana ini ya sobat...

Kesempatan kali ini hobikuelektronik akan berbagi tips cara untuk menentukan ukuran ampere yang pas pada meteran di rumah.
Mungkin sebagian orang menganggap ini bukan informasi penting karena ini bukan tugas kita,memang bukan tugas kita sobat namun tidak ada ruginya kalau kita mengetahui.Ingat memasang MCB ampere nya di meteran PLN tidak sesuai bisa dikenakan denda dengan PLN.

Baca juga HAK KITA SEBAGAI PENGGUNA METERAN PLN.

Meteran seperti ini biasanya meteran yang pasca bayar.Mengapa alasan saya berbagi tentang hal ini,karena tetangga sebelah rumah ada mengalami yang penyebab utamanya kesalahan dalam memilih ampere MCB tersebut.Sebenarnya bisa di selesaikan secara langsung dan tidak panjang lebar cuman karena yang punya rumah merasa dirinya benar tidak pernah mengganti MCB meteran yang punya PLN,Sedangkan orang PLN nya juga ngotot kalau MCB itu tidak pernah mereka pasang.
Jadi karena sama-sama merasa benar jadi panjang deh masalahnya.


Dari masalah yang diatas solusinya cuma satu kita harus tahu sudah benarkah MCB meteran PLN yang kita miliki dirumah.Terkadang juga karena masyarat ingin cepat dalam perbaikan jadi mereka mengganti sendiri MCB nya tanpa mengetahui ilmunya sedikitpun.Memang benar bentuk dan modelnya setiap MCB itu memang sama tapi ia memiliki perbedaan dalam satuan ampere.Berikut bagaimana cara menghitungnya MCB berapa ampere yang cocok untuk rumah kita.

Meteran pulsa TULISAN PERIKSA PADA METERAN .

Kalau cara saya menghitungnya seperti ini.
Misalnya meteran dirumah berdaya 900 watt berarti diharuskan memakai MCB yang 4 ampere.
Perhitunganya seperti ini :
Kita bagi saja 900 : 220 = 4 ampere
Bagaimana dengan watt yang lainya?
Kita Misalkan saja meteran rumah 2200 watt.
Berarti 2200 : 220 = 10 ampere.

Kalau difisik MCB biasanya sudah tertulis berapa amperenya lihat gambar MCB dibawah ini.



Digambar terlihat ada C10 berarti itu adalah MCB yang 10 ampere.

Pesan meteran baru PESAN ONLINE METERAN BARU PLN

Sebenarnya tidak diwajibkan untuk kita yang tidak memiliki ilmu tentang kelistrikan sebaiknya hubungi kantor PLN terdekat saja lebih amanya.
Tulisan ini hanya untuk memberi tahukan bagi sobat yang mungkin pernah mengganti MCB sendiri.

Saya cukupkan dulu sampai disini semoga dengan tulisan yang singkat ini kita terhindar dari masalah seperti yang saya ceritakan diatas.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih

No comments:

Post a Comment