Skip to main content

CARA MUDAH BUAT LAMPU LED DISCO SEDERHANA

Bismillahirrohmanirrohim...

Untuk mendengarkan musik tidak lengkap rasanya tanpa ada kelap-kelip lampu disconya.apalagi kalau musiknya anak zaman sekarang,ngak ada musik yang slow brow..

Kali ini hobiku elektronik akan berbagi pengalaman ilmu tentang cara buat lampu disconya.Gampak kok komponen juga sedikit karena ini adalah rangkaian lampu sederhana.


lampu ini berfungsi apabila speaker sudah berbunyi atau bisa dibilang ngikuti bass gitu.Baiklah sobat siap kan bahanya seperti dibawah ini :

- LED sebanyak 6 pcs sesuai kebutuhan
- resistor 100 ohm
- resistor 1,8 ohm.

Apabila bahanya sudah selesai dilengkapi saatnya proses perakitan.
Susun lampu led secara paralel atau gabung semua kaki positif lampu led,begitu juga dengan kaki negatifnya.
Untuk keluaranya pasang resistor yang 100 ohm di kaki positif led dan resistor 1,8 ohm di kaki negatif led.fungsi resistor disini sebagai hambatan arus supaya led tidak mudah putus pada saat volume kita besarkan.


Pasang kabelnya supaya mudah dalam pengetesan.
Masukan kedua kabel lampu led ke input belakang speaker,terbalik ngak ada masalah.Sekarang tes dengan suara perlahan dahulu.Sekarang coba menghidupkanya dengan ikuti dengan ada lagunya.
Hidupkan lagu coba besarkan volumenya perlahan lihat led sudah hidup kelap-kelip ngikuti irama musik.

Berarti kita sudah berhasil dalam perakitan lampunya.

Lampu led berjalan atau running led lihat DISINI dan lampu variasi led plip-plop yang tentunya juga keren DISINI.

Sekian dulu ya sobat untuk kali ini jika ada waktu kita sambung lagi.

Semoga bermanfaat...

Comments

  1. 100 ohm tu di taru di kaki + led ap - led om .

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 ohm kaki + dari lampu led
      Semoga bermanfaat

      Delete
    2. 100 ohm kaki + dari lampu led
      Semoga bermanfaat

      Delete
    3. klu untuk led strip pake resistor brp ohm gan

      Delete
    4. klu untuk led strip pake resistor brp ohm gan

      Delete
  2. Resistornya apa harus 100 sma 1,8

    ReplyDelete
  3. Resistornya apa hrus pakek yng 100 sma 1,8

    ReplyDelete
  4. Resistornya apa hrus pakek yng 100 sma 1,8

    ReplyDelete
  5. klu pake ledstrip pake resistor brp ohm bro?

    ReplyDelete
  6. Di volume kecil kk gk hidup om?

    ReplyDelete
  7. Disaat volume kecil kk gk hidup?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya... Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya. Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana? Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut... Lihat gambar blender dibawah ini. Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya. Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. sa