service pompa air

Selamat datang lagi sobat pada blog sederhana ini,dan dengan kehadiran blog ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.
Nah pada kesempatan kali ini hobikuelektronik akan berbagi pengalaman tentang jenis dan bagian kerusakan pada mesin pompa air.


Dengan hadirnya mesin pompa air ini banyak memberikan manfaat bagi kita sebagai penggunanya karena dengan adanya mesin ini kita tidak perlu lagi menimba untuk mendapatkan air.

Nah..bagaimana kalau mesin pompa air kita mengalami kerusakan?kerusakan disini banyak kemungkinan sobat jadi kita uraikan berdasarkan fungsi masing-masing rangkaian.
Disini saya akan berbagi tentang langkah awal dalam menganalisa kerusakanya sebelum kita bawa ketempat service.
Berikut uraian tentang Jenis kerusakan yang biasa dialami mesin pompa air :

- Mati total
- Putaran kipas berat
- Mesin berdengung
- Air hanya berbuih
- Dll

Disini saya bagikan tentang kerusakan mesin pompa air secara garis besarnya saja.

- Mati total
Untuk mati total,langkah awal yang diambil pastikan arus listrik masuk pada mesin tersebut,apabila arus listrik telah dipastikan masuk bisa kemungkinan ada kerusakan pada gulungan spulnya.

- putaran kipas berat
Putaran kipas berat bukan karena ada hambatan ya sobat,coba putar as mesin pakai tangan apabila berjalan mulus ganti capasitornya.


- Mesin berdengung
Mesin berdengung tidak mau mutar sama sekali,ini mungkin karena ada hambatan yang menghambat as untuk berputar.Coba putar secara manual menggunakan tangan apabila terasa berat lakukan pembongkaran pada mesin pompa air lalu perhatikan penyebab menghambat as untuk berputar kalau perlu lumasi as dan bosc mesin dengan menggunakan gemuk.

- Air keluar berbuih
Air keluar berbuih ini diakibatkan ada kebocoran di mesin atau di pipa air cek dengan teliti biasanya untuk di mesin kebocoranya dari sini lihat gambar.cek juga fan kuningan di dalam mesin.fan ini juga berfungsi sebagai pemompa air untuk keluar.


Dalam setiap penyambungan pipa gunakan lem pipa supaya sambungan lebih bagus.dan gunakan seltip untuk sambungan yang memiliki drag.
Dan apabila sudah dipastikan tidak ada kebocoran pasti mesin pompa air tersebut tidak akan mengeluarkan buih air lagi.

Demikian dulu ya sobat tentang service pompa airnya,semoga kita dapat tahu tentang kerusakan pompa air yang mungkin sedang kita alami.

Artikel terkait :
jenis service Kipas anggin,speaker aktif,mesin cuci dan alat elektronik lainya lihat disini

tips service segala alat elektronik rumahan

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment