cara menggunakan multimeter ukur aliran listrik

Selamat datang pada blog sederhana ini sobat...

Sebelumnya saya pernah berbagi tentang MENGUKUR ARUS DCV DENGAN MULTIMETER.
Kali ini hobikuelektronik.blogspot.com ingin berbagi pengalaman tentang cara pengukuran arus AC listrik PLN dengan menggunakan alat ukur multimeter.

Sebagai bahan pengetahuan daya watt dari listrik PLN yaitu sebesar 220Vac pernah juga daya keluaran dari listrik PLN 110 Vac namun karena permintaan dan kebutuhan masyarakat semakin meningkat sebab itulah dayanya dinaikan menjadi 220Vac,begitulah lebih kurang sebab daya dari listrik PLN dinaikan.

Nah..Setelah kita mengetahuinya daya keluaranya baru kita bisa menentukan skala berapa yang akan kita gunakan pada multimeter tersebut.

Ingat ya sobat,Jangan pernah menyentuh jarum multi dan kawat stop kontak sewaktu kita melakukan pengukuran jadi harus berhati-hati dan teliti tentang posisi tangan kita.
Selanjutnya ke tahap pengukuran:

Pilih pada multi di skala ACV 250 mengapa harus 250 kan masih ada skala yang lainya?
karena tegangan pln itu sebesar 220Vac jadi untuk melakukan pengukuran angka pada alat ukur harus lebih dari apa yang akan diukur.misalnya kita pakai skala multi di 50 Acv tentu kurang dari yang akan kita ukur tidak boleh.Karena kita mau mengukur 220Vac arus PLN jadi harus menggunakan skala 250Vac pada multi.

Lihat gambar..




Setelah skala pada multi sudah kita sett maka selanjutnya masukkan probe merah dan probe hitam multi pada jala-jala PLN ingat jangan tersentuh oleh tangan.
Sekarang Lihat penempatan jarum pada multi,jarum akan berhenti di antara 200-250Vac.

Sekian dulu ya sobat tentang cara mengukurnya dan semoga dapat menambah pengetahuan sobat sekalian.
Terima kasih...

Comments

Popular posts from this blog

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

CARA MUDAH BUAT LAMPU LED DISCO SEDERHANA

TULISAN PERIKSA PADA METERAN